Online learning bermanfaat bagi perusahaan dan pelajar

Manfaat Sistem Manajemen E-Learning

Learning management system (LMS) atau sistem manajemen pembelajaran, khususnya untuk bidang e-learning atau online learning, sudah mulai diterapkan di banyak institusi di Indonesia. Kebutuhan atas online learning system di perusahaan-perusahaan meningkat karena kegunaanya yang banyak dan transfer ilmu yang efektif. Sistem pembelajaran online jadi favorit karena memberikan keleluasaan bagi peserta didik.

Di luar popularitasnya, masyarakat awam cenderung kurang paham mengenai learning management system. Di sini penulis akan mencoba membahasnya. Pertama, learning management system cenderung dipakai dalam penerapan e-learning di perusahaan.

E-learning secara harafiah berarti pembelajaran elektronik. Maksudnya, kegiatan belajar mengajar yang digunakan dengan memanfaatkan teknologi internet. Proses belajar mengajar elektronik ini menggunakan platform online learning sebagai dasar operasi. Platform online learning sudah dapat ditemui di berbagai institusi seperti sekolah, universitas, hingga institusi bisnis biasa. Platform online learning ini biasanya terintegrasi dengan sistem manajemen e-learning atau yang disebut dengan LMS. Karena LMS meliputi berbagai macam aspek dari proses pembelajaran di perusahaan.

Ada ciri-ciri umum dari sistem manajemen e-learning, di antaranya adalah:

  1. Pemanfaatan teknologi internet, di mana interaksi atau kegitan belajar mengajar dilakukan secara lebih efisien, via internet. Sehingga tidak terbatas oleh ruang maupun waktu. Proses belajar mengajar bisa dilakukan di mana saja di sela-sela kesibukan masing-masing peserta proses belajar mengajar.
  2. Segala macam keuntungan yang didapat dari penggunaan komputer juga menjadi manfaat yang dirasakan dalam proses belajar e-learning. Misalnya, kemampuan untuk edit dokumen tanpa memboroskan kertas/alat tulis.
  3. Mendorong kemandirian dan kedisiplinan peserta didik. Mau tidak mau, inisiatif peserta didik sangat diperlukan untuk dapat belajar melalui metode e-learning secara baik. Tanpa adanya motivasi pribadi dan niat yang disiplin, hasil yang didapat tidak akan sesuai harapan.
  4. Seperti proses digitalisasi lainnya, proses e-learning menjadikan segala sesuatu lebih stream line. Kebutuhan waktu dalam administrasi bisa dipangkas, resource yang dipakai dalam pencatatan misalnya bisa diserahkan pada automasi komputer. Proses pelaporan kemajuan belajar juga lebih cepat sehingga tindak lanjut terhadapnya bisa lebih cepat juga.

Demikian gambaran singkat dari pemakaian sistem manajemen pembelajaran e-learning terutama yang terkait dengan proses belajar mengajar itu sendiri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *