contoh ukuran baja ringan ideal

4 Kelebihan Rangka Baja Ringan Sebagai Rangka Atap Masa Kini

Rangka atap baja ringan memiliki beberapa kelebihan dibandingkan dengan rangka kayu dan rangka baja konvensional untuk atap bangunan Anda. Kedua rangka tersebut bukanlah pilihan terbaik untuk bangunan dan atap rumah. Baja ringan merupakan pilihan tepat untuk konstruksi bangunan Anda.

Memiliki Tegangan Tarik Tinggi

Rangka atap baja ringan mempunyai tegangan tarik tinggi sebesar 550 Mpa. Tegangan tarik ini jauh lebih besar daripada baja konvensional yang Cuma 300 Mpa. Ini disebabkan oleh kelenturan dari rangka atap baja ringan yang mampu menarik energi yang lebih besar. Tak seperti bahan rangka kayu yang bersifat keras dan getas, maka rangka baja ini jauh lebih fleksibel dan tak mudah hancur. Kekuatan dari baja ringan ini ternyata mampu menahan goyangan dan keruntuhan dari konstruksi atap rangka baja ringan. Selain itu, mampu menjaga kestablian dari struktur bangunan.

Memiliki Bentuk Yang Bervariasi

Rangka baja ringan juga mempunyai bentuk, model, ukuran baja ringan, dan atap yang bervariasi. Tak hanya bentuknya saja yang disesuaikan, pembebanan dari rangka atap ini juga harus sesuai dengan modelnya. Bila Anda ingin menentukan kekuatan dari rangka atap ini, maka Anda harus mengatur jarak pemasangan baja ringan ini. Aturlah posisi pemasangan serapat mungkin saat proses pemasangan agar lebih awet dan kuat. Kerenggangan pemasangan baja ringan ini seharusnya maksimal adalah 150 cm saja. Jangan melebihi jarak tersebut.

Mempunyai Ketahanan Jangka Panjang

Rangka atap baja ringan biasanya dipakai untuk konstruksi bangunan komersial ataupun rumahan. Pemilihan bahan baja ringan bukanlah tanpa alasan. Baja ringan terbuat dari logam yang cocok digunakan untuk membuat rangka atap bangunan. Baja ringan ini mempunyai kualitas bagus dan ketahanan yang sangat baik. Baja ringan tak mudah menyusut, memuai, dan lapuk akibat dari perubahan cuaca yang ekstrim.

Untuk mendapatkan jaminan diatas, Anda harus memilih baja ringan yang berkualitas baik dan mumpuni. Kualitas dari baja ringan yang baik sebaiknya tak terlalu ringan dan lentur. Anda bisa mengeceknya sendiri saat ingin membelinya. Jenis dari baja ringan ini juga bermacam – macam seperti baja ringan zincalume dan galvanine. Jenis zincalum jauh lebih baik daripada jenis galvanine.

Perawatan Yang Mudah

Kelebihan dari rangka atap baja ringan adalah perawatannya yang mudah dan cepat. Material baja ringan ini ternyata bisa didaur ulang sehingga Anda bisa memanfaatkannya lagi untuk konstruksi bangunan rumah lagi. Sifatnya yang bisa didaur ulang tentu saja berdampak terhadap proses perawatannya yang mudah dan murah sehingga tidak merepotkan Anda. Selain itu, baja ringan sangat ramah lingkungan karena tidak memakai bahan – bahan yang berasal dari alam. Itulah tadi beberapa kelebihan dari rangka baja ringan yang bisa didapatkan saat Anda memilihnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *