Commercial Restaurant Equipment

Pertanyaan-pertanyaan penting sebelum membeli alat dapur Horeca

Kebanyakan chef profesional memiliki ide yang jelas mengenai seperti apa dapur yang dibutuhkan. Namun, biasanya memikirkan rancangan dapur dari nol itu jarang dilakukan. Tapi, bagaimanapun juga, dengan peralatan dapur Horeca (hotel, restoran, catering) yang benar, ada berbagai macam cara untuk memaksimalkan penggunaan tempat (spasial), membuatnya hemat biaya, dan cara untuk mendapatkan peralatan yang sesuai dengan tugas masak yang harus dilakukan.

Apakah peralatan dapur yang mau dibeli sesuai dengan apa yang dibutuhkan? Pertanyaan pertama jelas berkaitan dengan kuantitas produksi yang dimungkinkan dengan alat commercial restaurant equipment yang diwacanakan untuk dibeli. Selain soal ukuran dan kualitasnya, nilai juga persoalan energinya. Biasanya perlengkapan yang tidak terlalu tahan lama tentu akan mengganggu di kemudian hari. Jangan sampai karena membeli alat dapur yang payah, akhirnya lebih banyak biaya dikeluarkan karena down time alat tersebut ketika rusak atau akibat biaya perbaikannya.

Apakah penggunaan energinya efisien? Dalam memilih peralatan dapur, daripada terfokus pada biaya yang dikeluarkan di depan saat investasi awal, lebih baik dipikirkan secara matang untuk jangka waktu yang lebih panjang. Biasanya dapur-dapur horeca atau dapur komersial menghabiskan energi lebih banyak 2,5 kali lipat dibandingkan ruangan komersial lainnya. Ini tentu bisa lebih efisien jika menggunakan peralatan yang hemat energi. Kabarnya, peralatan hemat energi bisa menghemat biaya hingga 20%.

Apakah peralatan Anda mengikuti standar keamanan pangan? Ada banyak kasus keracunan makanan, bahkan di negara-negara maju. Banyak kasus keracunan ini akibat dari makanan yang disiapkan dari dapur profesional. Padahal, menyediakan makanan yang tidak sesuai ketentuan bisa dijerat dengan hukum dan denda yang besar. Beberapa peralatan dapur horeca memiliki standar sendiri yang tidak dimiliki alat dapur biasa. Dengan peralatan yang terjamin kualitasnya, risiko keracunan makanan bisa diminimalisasi.

Apakah peralatan tersebut sesuai untuk dapur komersial? Sudah menjadi praktik umum untuk tidak menggunakan peralatan dapur biasa dalam dapur-dapur komersial. Tidak hanya alat dapur biasa itu tidak dapat digunakan harian berlama-lama, dapat dimengerti juga jika produsen alat dapur rumahan tidak dapat memberikan garansi untuk pemakaian melebihi standar penggunaan rumahan. Bisa dibayangkan, alat-alat dapur komersial sering bekerja setiap hari dalam waktu berjam-jam tanpa henti. Tentu alat-alat dapur horeca memiliki ketahanan khusus dibandingkan alat-alat dapur yang kita gunakan di rumah.

Apakah peralatan itu tetap dapat mengikuti rencana Anda? Sebagai seorang pemilik bisnis industri makanan, hal ini bisa menjadi pertimbangan. Maksudnya, bila suatu ketika nanti bisnis Anda berkembang dan restoran Anda misalnya melayani lebih banyak orang di tempat yang lebih luas, apakah peralatan-peralatan yang sekarang bisa mengikuti perkembangan itu atau malahan menghambat? Selain itu, cek juga apakah tidak akan ada model baru yang akan keluar dalam waktu dekat. Jika ada, perlu ditimang apakah baik untuk menunda pembelian hingga muncul model baru tersebut. Jika dibeli sekarang, apakah alat dapur tersebut bisa diperbaharui atau malah menjadi tidak berguna dan sulit perawatannya atau mencari sparepart untuk perbaikannya?

Menjawab pertanyaan-pertanyaan ini tentu butuh pengalaman dan jam terbang. Tapi dari manapun kita memulai usaha makanan minuman kita, pertanyaan-pertanyaan seperti ini mau tidak mau harus mulai dipikirkan dengan matang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *