Perbedaan alat blixer dan blender

Perbedaan Penggunaan Blixer dan Blender

Jika Anda ingin memasak bahan berat, Anda bisa gunakan blixer sebagai alat pengganti blender. Kenapa tidak blender saja? Nah, berikut ini adalah beberapa perbedaan antara blixer dan blender yang wajib Anda ketahui. Check this out!

Dalam Segi Bahan

Blender biasanya digunakan untuk mencampurkan bahan – bahan yang sifatnya cair jika diblender, misalnya mencampurkan antara tomat, cabai dan bawang. Blender juga bisa digunakan untuk membuat minuman es, Anda bisa masukkan es ke dalam blender dan jadilah es serut yang lebih halus.

Sedangkan blixer digunakan untuk mengolah makanan yang lebih berat. Misalnya, jika Anda ingin memasak nugget, tentu Anda harus mencampurkan daging sapi atau potongan daging ayam dengan berbagai bumbu dan bahan lainnya. Tidak hanya mencampurkannya tapi membuatnya menjadi sebuah adonan yang lebih padat. Nah, mengolah daging seperti ini tidak bisa dilakukan dengan blender.

Dalam Segi Cara Kerjanya

Nah, blender mengharuskan Anda untuk mencampurkan air terlebih dahulu ke dalam blender agar mudah tercampur. Tapi, jika Anda menggunakan bahan yang sudah punya kandungan air di dalamnya, tak perlu tambahkan air. Karena biasanya blender tidak bisa bekerja optimal jika bahannya tanpa air. Makanya Anda pasti pernah menambahkan air di tengah pemakaian blender bukan?

Sedangkan menggunakan blixer tidak perlu campuran air lagi, Karena mesinnya memang didesain sedemikian rupa agar mampu mencampurkan semua bahan tanpa penggunaan air. Salah satunya seperti membuat adonan dari daging di atas.

Nah, bagaimana? alat apa yang Anda butuhkan untuk di dapur Anda? Tapi, keduanya baik itu blixer dan blender adalah food processor yang akan membantu Anda mengolah makanan. Jika Anda punya uang lebih, Anda bisa mengoleksi berbagai food processor lainnya selain diatas seperti mixer.

Jangan lupa lakukan perawatan pada food processor ya, salah satunya dengan membersihkan sisa – sisa bahan yang nempel di bagian pisau atau dibagian bawahnya. Terutama jika Anda mengolah bahan yang berserat, harus segera dibersihkan agar tidak melilit perputaran pisau.

Sekian informasinya, semoga bermanfaat bagi Anda ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *