berita nasional

Tips Pintar Memilih Berita Nasional Agar Tidak Termakan “Hoax”

Pemberitaan berita nasional yang palsu atau hoax saat ini semakin banyak saja. Bahkan, banyak sosial media yang menyebarkan berita nasional dengan bumbu konflik, isu negatif dan menimbulkan perpecahan. Walaupun, pemerintah akhir – akhir ini memberantas media sosial yang menyebarkan berita hoax tersebut, tapi sebagai pembaca kita harus cermat dalam memilih berita. Berikut ini cara pintar memilih berita nasional agar tidak termakan hoax.

Baca berita dari beberapa sumber

Manfaatkan kemajuan teknologi saat ini sebagai hal yang positif. Anda jangan mudah percaya akan satu sumber berita saja. Gunakan kemampuan Anda untuk mencari informasi yang lebih lanjut pada beberapa media, baik berita televisi, koran, majalah atau situs online. Memang sedikit membuat waktu, namun tidak ada salahnya dilakukan untuk mendapatkan informasi yang akurat.

Amati gambar yang digunakan

Bukan hanya dalam bentuk tulisan saja, gambar atau foto juga bisa menjadi media penyebaran berita hoax. Maka dari itu, sebaiknya periksa keaslian dari gambar tersebut apakah terlihat asli atau editan. Perhatikan juga apakah gambar lama atau baru diambil. Pasalnya, banyak juga kejadian foto lama yang di publish kembali oleh penyebar hoax untuk memancing kemarahan.

Kenali kredibilitas penyebar berita tersebut

Apabila Anda membaca berita nasional yang berisikan akan propaganda, perpecahan, ujaran kebencian, fitnah hingga memancing konflik sebaiknya cermati media atau situs berita tersebut. Apakah memang media tersebut selalu mengangkat isu – isu yang memojokan salah satu pihak atau seimbang dan tidak mendukung pihak manapun. Apabila memang memojokan satu pihak dan menyebarkan ujaran kebencian, Anda jangan langsung percaya dan wajib memeriksa kebenarannya kembali.

Kenali apakah itu tersebut palsu

Untuk bisa mengenali situs berita online palsu atau tidaknya, bukan perkara yang mudah. Pasalnya, beberapa media memang dirancang cukup profesional dan sulit untuk membedakannya. Namun kalau Anda menemukan about us pada halaman website tersebut atau profil perusahaan, Anda bisa melakukan pengecekan. Apakah memang media ini dimiliki oleh perusahaan yang asli atau palsu. Lalu, cek saja pada mesin pencarian untuk mengetahui kebenarannya.

Simak judul dan isi berita

Cukup sulit untuk melihat berita tersebut palsu atau tidak hanya dari judulnya saja. Kebanyakan dari kita malah tertarik dengan judul yang menarik. Namun, Anda bisa memperhatikannya bahwa media resmi tidak akan memuat berita nasional yang mengandung provokasi dan berat sebelah atau memihak salah satu. Apabila memang menemukan judul yang mengandung provokasi sebaiknya langsung dihindari dan tidak dibaca.

Jangan berkomentar

Banyak dari kita yang sudah mengetahui bahwa berita nasional tersebut hoax, tapi emosi juga terpancing. Sehingga banyak argumen yang dilontarkan. Alangkah baiknya hal ini ditahan terlebih dahulu dan tidak ikut berkomentar. Hal ini dilakukan agar terhindar dari masalah lebih lanjut. Kalau memang menemukan berita hoax lebih baik langsung blokir situs atau media yang menyebarkannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *