Negara berkewajiban menjamin HAM. Ilustrasi: pengamanan demonstrasi.

Kasus Pelanggaran HAM Pasal 13 Dan 18

Pelanggaran HAM tentu menjadi perhatian bersama kita. Ada beberapa pasal undang-undang terkait pelanggaran HAM.

Pelanggaran HAM Pasal 13 Tentang Kebebasan Gerakan

  1. Setiap orang memiliki hak untuk bergerak bebas dan memilih tempat tinggalnya di wilayah suatu Negara.
  2. Setiap orang berhak untuk meninggalkan negara mana pun, termasuk negaranya sendiri, dan kembali ke negara mereka.

Di Burma, ribuan warga ditangkap, termasuk 700 narapidana, dan yang paling terkenal adalah Hadiah Nobel Aung San Suu Kyi. Dipenjara atau di bawah tahanan rumah dalam beberapa tahun terakhir sebagai balasan atas kegiatan politiknya, ia telah menolak tawaran pembebasan dari pemerintah yang akan mengharuskannya meninggalkan negara itu.

Di Aljazair, para pengungsi dan pencari suaka sering menjadi korban penahanan, pengusiran atau perlakuan buruk. Dua puluh delapan orang dari negara-negara Afrika sub-Sahara, dengan status pengungsi resmi oleh Komisaris Tinggi PBB untuk Pengungsi (UNHCR), dideportasi ke Mali setelah diadili secara salah, tanpa bantuan hukum atau penerjemah, dituduh secara ilegal memasuki Aljazair . Mereka dilemparkan di dekat kota padang pasir tempat sekelompok bersenjata Mali aktif, tanpa makanan, air, atau bantuan medis.

Di Kenya, pihak berwenang melanggar hukum pengungsi internasional ketika mereka menutup perbatasan dengan ribuan orang yang melarikan diri dari konflik bersenjata di Somalia. Para pencari suaka ditahan secara ilegal di perbatasan Kenya, tanpa dakwaan atau pengadilan dan dipaksa untuk kembali ke Somalia.

Di Uganda utara, 1,6 juta warga tetap berada di kamp-kamp pengungsi. Di sub-wilayah Acholi, daerah yang paling terkena dampak konflik bersenjata, 63 persen dari 1,1 juta orang yang terlantar pada 2005 masih tinggal di kamp-kamp pada 2007, dengan hanya 7.000 yang telah kembali secara permanen ke tempat mereka. asal

Pelanggaran HAM Pasal 18 Tentang Kebebasan Pikiran

“Setiap orang memiliki hak untuk kebebasan berpikir, hati nurani dan beragama, hak ini termasuk kebebasan untuk mengubah agama atau kepercayaan seseorang, serta kebebasan, baik secara individu maupun bersama-sama atau di depan umum atau secara pribadi, untuk mewujudkan dirinya. agama atau keyakinannya dalam mengajar, dalam praktik, dalam ibadah dan dalam ketaatan. ”

Di Burma, junta militer menghancurkan demonstrasi damai yang dipimpin oleh para biarawan, biara-biara yang diserang dan ditutup, menyita dan menghancurkan properti, menembak, memukul dan menangkap pengunjuk rasa, dan melecehkan atau menyandera teman-teman dan anggota keluarga para pengunjuk rasa.

Hak asasi manusia ada, sebagaimana dimaksud dalam Deklarasi Universal Hak Asasi Manusia dan seluruh badan hukum hak asasi manusia internasional. Mereka diakui, setidaknya secara prinsip, oleh sebagian besar negara dan membentuk jantung banyak konstitusi nasional. Namun, situasi nyata di dunia masih banyak pelanggaran HAM yang terjadi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *